Senin, 26 September 2022

Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

 Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara




Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara - Pemprakarsa berdirinya SMAT KN adalah Alm. H. Karnaen Sukarnaprawira. Beliau adalah seorang tokoh pendidikan yang sangat memperhatikan kepentingan dunia pendidikan. Cita-cita beliau yaitu turut membantu masyarakat, bangsa, Negara dan agama melalui upaya mendirikan dan mengembangkan suatu lembaga pendidikan terpadu.

Pemberian nama Krida Nusantara sebagai sebuah Yayasan Pendidikan Terpadu, memiliki arti tersendiri. Krida diartikan sebagai karya tanpa henti. Nusantara adalah wilayah yang meliputi seluruh pelosok Negara Indonesia mulai dari Sabang dari Merauke. Jadi Krida Nusantara dimaksudkan sebagai sebuah lembaga yang berkarya tanpa henti di bidang pendidikan, yang didalmnya memadukan tiga unsur pokok yaitu IPTEK, IMTAQ dan Karya serta yang menjadi peserta didiknya berasal dari seluruh pelosok tanah air Indonesia.

Sebagai lembaga pendidikan, dari waktu ke waktu Krida Nusantara berupaya terus untuk mengembangkan dirinya. Upaya ini tampaknya menunjukkan hasil yang sangat positif, terbukti dengan berdirinya SMAT KN, kemudian diikuti oleh TK Terpadu Krida Nusantara dan SD Terpadu Krida Nusantara.

SMAT KN didirikan pada tahun 1995 dengan peletakan batu pertama di Guest House oleh ibu Hj. Tuti Sutiawati Try Sutrisno.

SMA Terpadu Krida Nusantara berlokasi di tempat yang strategis untuk suasana pendidikan, dengan luas area 25 Ha, terletak di Jalan Desa Cipadung Cibiru Bandung 40614, Telepon : (022) 7806125 ext : 104; Faximile : (022) 7812187. Home Page : www.smat.kridanusantara.com, E-mail:  smatkn@kridanusantara.com

SMA Terpadu Krida Nusantara (SMAT-KN) merupakan salah satu sekolah berasrama penuh (boarding school) yang berada di Kota Bandung. Berdiri pada tahun 1996, dengan status terakreditasi A. Tujuan penyelenggaraan pendidikan SMAT-KN senantiasa mengacu pada tujuan pendidikan menengah, yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan linkungan sosial, budaya, dan alam sekitarnya.

Krida Nusantara sebagai sekolah berasrama penuh dan mempunyai slogan “Mendidikan anak untuk disiplin, bebas rokok, narkotika dan tawuran“. Selain mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran slogan ini juga membuat orangtua tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMAT-KN.

Visi:

 Menjadi sekolah berasrama terkemuka, dalam pengembangan potensi peserta didik di bidang akademik, keagamaan, dan keterampilan . Serta membentuk karakter peduli lingkungan dengan disiplin sebagai landasan.

 

Misi :

Meningkatkan kualitas lulusan di bidang akademik, keagamaan, dan keterampilan.

Melahirkan berbagai inovasi pendidikan berkelanjutan.

Meningkatkan pelayanan belajar yang efektif, kreatif, dan menyenangkan (joyful learning) dengan dukungan sumber belajar yang memadai sesuai tuntutan kurikulum.

Meningkatkan publikasi secara luas sebagai sekolah yang memelihara seni dan budaya bangsa Indonesia dalam wujud partisipatif.

Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperbaiki kualitas layanan melalui beasiswa pendidikan dari yayasan dan sumber lain.

Mengembangkan karakter peduli lingkungan dan menjunjung tinggi kearifan local sebagai identitas bangsa.

Melakukan pembinaan untuk hidup bersih dan sehat melaui pengawasan dan pengasuhan

 

Eskstrakurikuler

Kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah yang dilakukan baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Tujuan program ekstrakurikuler adalah untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

 

Bidang Olah Raga

Futsal, Basket, Renang, dan Atletik

Bidang Seni

Gamelan, Angklung, Paduan Suara, Tari Tradisional, Band, Marching Band, dan Teater

Bidang Kebahasaan

ECC, Artemis, dan Literasi

Bidang IT

Komputer dan Fotografi

Bidang Bela Negara

Pramuka, Paskibra, Pataka, Paskasis, dan PMR

Lingkungan Hidul


BIDANG KURIKULUM

 Kelembagaan SMAT krida Nusantara dalam menjalankan aktivitas organisasi satuan Pendidikan atau tatalaksana menyatukan tiga dimensi kompetensi akademik, keagamaan dan keterampilan dengan disiplin sebagai landasan, khusus bidang akademik disesuaikan regulasi Kurikulum secara nasional. Pada satuan pendidikan operasional ketatalaksanaan organisasi salah satunya bidang Kurikulum, bidang ini mempunyai tanggungjawab menjalankan proses khususnya bidang akademik, dalam membina peserta didik. Penjabaran dari ketatalaksanaan tentunya disesuaikan dengan garis kebijakan secara umum yang merujuk pada manajemen 1767. Manajemen ini sudah disepakati dalam rapat kerja pihak unit sekolah dengan Yayasan Krida Nusantara. Garis kebijakan manajemen 1767 memberikan arahan konseptual dalam membuat arah operasional ketatalaksanaan bidang akademik menyangkut visi, misi, kebijakan mutu, kompetensi dari warga sekolah menyangkut guru dan peserta didik.

Garis besar operasional bidang Kurikulum di SMAT Krida Nusantara berpatokan pada manajemen 1767 sebagai landasan konseptual menurunkan arah kebijakan padatataran pengelolaan bidang Kurikulum yang terdiri dari aspek akedemik, keagamaan dan keterampilan. Integrasi ketiga aspek ini merupakan cerminnan dari 1 sebagai visi sekolah terpadu yaitu :

”Menjadi sekolah berasrama terkemuka dalam pengembangan potensi peserta didik di bidang akademik, keagamaan, dan keterampilan serta membentuk insane peduli lingkungan dengan disiplin sebagai landasan”. Visi yang tegas sebagai landasan konsep operasinal pembinaan pesertadidik diharapakan mampu menjadi warga Negara yang berkualitas.

Linier dengan visi pengelolaan lembaga sekolah perlumuatan yang tegas dalam menentukan arah kebijakan, hal ini tercermin dari 7 misi yang menjadi muatan dalam mengemban tugas dan tanggungjawab membina pesertadidik.

 

Adapun 6 kebijakan mutu tersebut adalah :

 

  • Meningkatkan Mutu dan kualitas lulusan
  • Meningkatkan Mutu tenaga pendidik dan Kependidikan
  • Meningkatkan Mutu peserta didik
  • Meningkatkan Mutu MGMP, OSN, dan Riset
  • Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik, dan Non-Akademik
  • Meningkatkan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan dan Keasramaan

Kemudian dari 6 kebijakan mutu tersebut akan terlihat dari out put yang dihasilkan selama proses pembinaan yang telah dilakukan. Output dari peserta didik selama menjalankan proses pembinaan di SMAT Krida Nusantara haruslah memiliki sejumlah kompetensi yang telah ditetapkan sebagai kendali mutu lulusan.

 

Adapun 7 Kompentensi yang harus terinternalisasi dalam diri peserta didik adalah :

 

  • Kompetensi Iman dan Takwa (IMTAQ).
  • Kompetensi Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IMTEK).
  • Kompetisi Kepemimpinan Nasional.
  • Kompetensi Sosial dan Kewirausahaan.
  • Kompetensi Olahraga dan Kesenian (ORKES).
  • Kompetensi Lingkungan Hidup.
  • Kompetensi Komunikasi.

Demikian landasan filosofis dari ketatalaksanaan bidang kurukulum yang melahirkan konsep arah kebijakan pengelolaan yang tercermin dari Manajemen 1767 memberikan arah yang pasti dan terukur secara operasional untuk mewujudkan program sekolah yang dijabarkan dalam rencana kerja tahunan dan rencana kerja jangka menengah.

 

Selanjutnya tugas secara rinci dari bidang Kurikulum adalah sebagai berikut :

 

Penyusunan KTSP (Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan)

PenyusunanDokumen Kurikulum Tingkat SatuanPendidikanterdiridari

 

Dokumen 1 memuatAnalisis Konteks, Struktur Kurikulum, Kalender Pendidikan.

Dokumen 2 memuat syllabus proses pembelajaran tiap mata pelajaran.

Dokumen 3 memuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Optimalisasi MGMP sekolah

Kegiatan yang melibatkan kelompok kerja guru yang dilakukan seminggu sekali yang berisi kegiatan sebagai berikut :

Minggu ke-1 penyusunan analisis Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, untuk pembuatan rancangan Indikator Pencapaian Kompetensi, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.

Minggu ke-2 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai langkah penyusunan dokumen 1 KTSP untuk operasional pembelajaran di kelas.

Minggu ke-3 Pengembangan Model-model pembelajaran supaya tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning).

Minggu le-4 Penyusunanalat/instrument penilaian berupa menurunkan dari indikator pencapaian kompetensi menjadi Indikator soal.

Pendampingan Mutu

Pendampingan mutu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas lulusan pesertadidik di SMAT Krida Nusantara dari aspek akademik. Sasaran terjadi peningkatan kualitas lulusan terlihat dari diterimanya lulusan pada perguruan tinggi melalui SMPTN/SBMPTN dan Ikadin. Pendampingan Mutu ini operasionalnya adalah kolaborasi antara guru pengajar luar dan guru tetap yayasan.

 

Pembinaan OSNdan O2SN

OSN  dan O2SN merupakan ajang perlombaan peserta didik tingkat SMA untuk bidang akademik dan olahraga. Bidang Kurikulum operasionalnya melakukan kerjasama dengan bidang kesiswaan dalam hal pengaturan proses pembinaan atau pelatihan peserta didik yang berminat ikut lomba tersebut.

Inilah sekilas gambar aktivitas bidang Kurikulum dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMAT KridaNusantara dalam bingkai konsep Manajemen 1767.

 

 Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

 

Contoh 1. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Khatib adalah orang yang...

a. Membuat teks khutbah

b. Mengumandangkan adzan

c. Menyampaikan khutbah

d. Mengimami sholat jumat

e. Menyampaikan ceramah

 

Contoh 2. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Sebuah lensa cembung dengan jarak focus 60cm pecah menjadi 4 bagian sama besar dan indentik. Jarak focus masing-masing pecahan lensa tersebut adalah...

a. 120cm

b. 60cm

c. 30cm

d. 15cm

e. 20cm

 

Contoh 3. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Pergiliran keturunan seksual dan aseksual disebut...

a. Metagenesis

b. Holometabola

c. Hemimetabola

d. Transeksual

e. Metamorfosis

 

Contoh 4. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Hewan berikut yang mengalami metamorfosis sempurna, kecuali...

a. Katak

b. Kupu-kupu

c. Jepisma

d. Kumbang

e. Lebah

 

Contoh 5. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Jaringan tumbuhan yang terus membelah, biasanya terdapat pada ujung akar dan batang adalah...

a. Maristem

b. Parenkim

c. kambium

d. KLorofil

e. Kolenkim

 

Contoh 6. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Semua makhluk hidup memiliki daya berkembang biak. Hal itu bertujuan...

a. Karena semua makhluk memiliki akhirnya akan mati

b. Supaya jenis makhluk hidup itu jangan punah

c. supaya jumlahnya bertambah banyak

d. Supaya dapat mewariskan sifat-sifat

 

Contoh 7. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Seorang siswa SMP berada dibawah kawat listrik yang dialiri arus listrik ke arah selatan. Jika siwa tersebut menghadp kearah timur, maka arah medan magnet induksi akibat aliran listrik ynag memngenai siswa tersebut adalah...

a. belakang

b. depan

c. kanan

d. kiri

 

Contoh 8. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Berikut yang bukan rukun khutbah jumat adalah...

a. Membaca oujian kepada Allah Swt

b. Membaca sholawat atas Nabi

c. Sesekali memperhatikan jamaah agar terjad interaksi

d. Membaca satu atau beberapa ayat Al-Quran

e. Menyampaikan wasiat taqwa

 

Contoh 9. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Jaringan pada hewan yang tersusun atas: matriks, fibroblas, rnakrofag, sel lemak, dan sel plasma adalah...

a. epitel

b. ikat

c. lemak

d. syaraf

 

Contoh 10. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Salah satu penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit diabetes adalah...

a. antibody monoclonal

b. pembentukan interferon

c. pembuatan vaksin

d. pembuatan hormon insulin

 

Contoh 11. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Cermati kalimat berikut!

Jumlah penderita kurang gizi di Indonesia ... penurunan.

Kata bentukan yang tepat kalimat tersebut adalah...

 

a. mendadak

b. mengalami

c. membuat

d. menjadi

 

Contoh 12. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Cermati kalimat berikut!

Indonesia saat ini masih sulit bersaing dengan negara lain, ... berkutat pada isu kebutuhan dasar, seperti pangan.

 

Konjungsi untuk melengkapi kallimat tersebut yang tepat adalah...

a. lalu

b. dan

c. tetappi

d. karena

 

Contoh 13. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Rio tetap berangkat sekolah ... hujan deras.

a. jika

b. meskipun

c. kalau

d. agar

 

Contoh 14. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Cermati kata berikut!

Air terjun ini bersifat musiman karena hanya mengalir ketika area setmpatdiguyur hujan dalam seleksi tinggi.

 

Perbaikan kata seleksi yang tepat pada kalimat tersebut adalah...

a. selektif

b. intensitas

c. komunitas

d. sepintas

 

Contoh 15. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Adikku tahun ini belum bersekolah.

Adikku sudah bisa menulis.

 

Gabungan kedua kallimat diatas yang tepat adalah...

a. adikku tahun ini belum bersekolah karena ia sudah bisa menulis

b. adikku  tahun ini belum bersekolah seandainya ia sudah bisa menulis

c. adikku tahun ini belum bersekolah tetapi ia  sudah bisa menulis

d. adikku tahun ini belum bersekolah ketika ia sudah bisa menulis

 

Contoh 16. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Cermati kalimat berikut!

Biar ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

 

Penggunaan tanda baa yang tepat pada kalimat tersebut adalah...

a. "biar ayah yang menjelaskan, Bu" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

b. "biar ayah yang menjelaskan, bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

c. "biar ayah yangn menjelaska, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

d. "biar ayah yang menjelaskan, bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

 

Contoh 17. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Cermati kalimat berikut!

Pemandanga dipantai Semawang hampir sama dengan kawasan pantai di wilayah Sanur lainnya, di mana pantainya landai berpasir putih dengan ombak yang tenang.

 

Perbaiki kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata...

a. pantai

b. dengan

c. kawasan

d. di mana

 

Contoh 18. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Berikut hal-hal yang dilakukan sebelum sholat jumat, Kecuali...

a. Memakai wewangian

b. Mandi terlebih dahulu

c. Sholat tahiyatul masjid

d. Memakai baju baru

e. Besegera berangkat ke masjid

 

Contoh 19. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Hukum mengerjakan sholat jumat bagi laki-laki yang memenuhi syarat adalah...

a. Fardu' Ain

b. Sunnah Muakkad

c. Fardu Kifayah

d. Sunnah Ghoiru Muakkad

e. Mubah

 

Contoh 20. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Seorang pertenak kambing mempunyai 200 ekor kambing. memperkirakan jeraminya cukup untuk x hari.

jika 50 ekor kambing terjual, persediaan jerami cukup untuk 12 hari, maka x + 1 :

a. 9

b. 10

c. 16

d. 17

 

Contoh 21. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Perbandingan besar sudut kecil dan sudut besar yang terbentuk dari kedua jarum jam pada pukul 10:30 adalah...

a. 1:2

b. 2:3

c. 3:4

d. 3:5

 

Contoh 22. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Urutan suku ke 15 dari barisan bilangan 1,3,3,6,12, 24...adalah

a. 15

b. 17

c. 96

d. 192

 

Contoh 23. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Jumlah 3+5 +7+9+11 sampai 20 suku adalah:

a. 41

b. 410

c. 440

d. 880

 

Contoh 24. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Banyaknya himpunan bagian yang memiiki 2 anggota dan himpunan P adalah...

a. 10

b. 12

c. 13

d. 15

 

Contoh 25. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Setiap makhluk hidup melakukan respirasis yang fungsinya adalah...

a. mengeluarkan CO2

b. memecah glukosa

c. menggunakan O2

d. menghasilkan energi

 

Contoh 26. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Tanaman padi, jagung dan tebu dalam ekosistem darat akan berfungsi sebagai produsen, karena...

a. dapat melakukan respirasi

b. dapat melalukan fotosintesis

c. menjadi makanan hewan hebivora

d.  menjadi makanan konsumen 1

 

Contoh 27. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Susunan alat pernafasan pada ikan secara berurman terdiri dari...

a. mulut - kerongkongan - lambung - tembolok - anus

b. mulut - kerongkongan - tembolok - lambung - anus

c. mulut - kerongkonganm - lambung - anus

d. mulut - kerongkongan - empedal - tembolok – anus

 

 

Contoh 28. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Perbandingan uang ahmad dan roni adalah 4 : 7. Jika selisih uang RP. 180.000,00, maka jumlah uang mereka adalah...

a. Rp440.000,00

b. Rp550.000,00

c. Rp660.000,00

d. Rp770.000,00

 

Contoh 29. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Dalam sebuah peta dengan skala 1 : 200.000, Jarak kota A ke kota B 20cm dan jarak kota D ke kota C 45cm, Selisih jarak sebenarnya adalah...

a. 25km

b. 50km

c. 75km

d. 65km

 

Contoh 30. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Suatu perjalanan memerlukan waktu 4 jam 30 menit bila ditempuh dengan kecepatanr rata-rata 60km per jam. Bila ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50km per jam maka waktu yang diperlukan adalah...

a. 4 jam 50 menit

b. 5 jam 12 menit

c. 5 jam 20 menit

d. 5 jam 24 menit

 

Contoh 31. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Agus menabung dibank sebesar RP20.000.000,00 selama  bulan uangnya menjadi Rp20.600.000,00. Besar suku bungan pertahun yang ditetapkan adalah...

a. 9%

b.10%

c. 12%

d. 15%

 

Contoh 32. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Jumlah bilangan kelipatan 12 antara 100 dan 300 adalah...

a. 3.069

b. 3.169

c. 3.906

d. 4.782

 

Contoh 33. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Batu bermassa 4kg jatuh dari ketinggian 15m dari tanah. Jika percepatan gravirasi 10m/s2, energi kinetik batu pada saat sampai ditanah...

a. 60J

b. 150J

c. 400J

d. 600J

 

Contoh 34. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Doni meniup peluit didepan tebing yang jaraknya 85meter. Jika bunyi pantul terdengar 0,5 sekon setelah bunyi asli, maka cepat rambat bunyi di udara saat itu adalah...

a. 170m/s

b. 320m/s

c. 340m/s

d. 400m/s

 

Contoh 35. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Dua tindakan yang dapat memperbesar medan magnet pada electromagnet adalah...

a. memperbesar diameter kumparan dan memperbesar tegngan listrik

b. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara paralel

c. memperbesar arus listrik dan mengurangi jumlah lilitan

d. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara seri

 

Contoh 36. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Salah satu akibat dari rotasi bumi adalah...

a. gerak semu tahunan matahari dari utara ke selatan

b. perbedaan lamanya malam dan siang

c. terjadinya siang dan malam

d. terjadinya perubahan musim

 

 Contoh 37. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Urutan cara pembuatan air bersih yang berasal dari air laut adalah...

a. penguapan>kristalisasi

b. evaporasi>kondensasi

c. filtrasi>kristalisasi

d. evaporasi>destilasi

 

Contoh 38. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Jaringan pada hewan yang tersusun atas: matriks, fibroblas, rnakrofag, sel lemak, dan sel plasma adalah...

a. epitel

b. ikat

c. lemak

d. syaraf

 

Contoh 39. Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

Interaksi antara rumput alang-alang dengan tanaman kacang tanah merupakan simbiosis...

a. parasitisme

b. komensalisme

c. mutualisme

d. alelopati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara

 Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara Soal Tes Masuk SMA Krida Nusantara - Pemprakarsa berdirinya SMAT KN adalah Alm. H. Karnaen Sukarnapra...